Rabu, 23 Mei 2018

Peradaban = Moral



My Notification

Nothing to Hide? The Truth about Data and Digital Privacy
For those of you worried that you’ve signed up to too many websites, given out too much information and agreed to a few too many terms and conditions, you may think Europe’s new law intended to protect user data (the GDPR) offers answers. But it’s just one piece of this complex puzzle. In this explainer, four digital experts unpack everything from consent to digital detoxes, and the fundamental question of who owns your data.

8.01 AM · 22 Mei 2018
Will Smith to perform official #WorldCup anthem

9.19 AM · 22 Mei 2018
Sampaoli names provisional #WorldCup squad @Argentina

-----

1.38 PM · 21 Mei 2018
Ceng Ho, Sejarah Islam di Indonesia, hingga Baju Koko. @R_Sylado
#WakandaForever Baju Koko #BlackPanther
@kumparan

1.14 PM · 21 Mei 2018
Peringatan dini cuaca wilayah Sumatera Selatan [21 Mei 2018] #BMKG #AsianGames2018

@EricClapton - Change The World
And our love would rule
This kingdom we had made.
'Til then I'd be a fool,
Wishing for the day...

-----

10.18 PM · 21 Mei 2018
Selama menulis skenario, saya termasuk beruntung diajarkan tentang sebuah kalimat… “Jangan aneh-aneh kalau bikin skenario! KASIHAN PRODUSER KITA!”

Barangkali ini juga yang membuat saya menghabiskan banyak waktu di tahun 2015 hanya untuk #GedungBurukTheMovie. Saya pun harus mengobati diri sendiri karena banyak jam terbuang di proses editing.

Di awal tahun 2016, @wef menyembuhkan jerih payah itu walau hanya secuil. Tapi bagi saya pribadi, hal tersebut luar biasa. Itulah yang menyebabkan beberapa artikel menulis tentang “MENGHARGAI KEMENANGAN-KEMENANGAN KECIL”. Konon ini salah satu kunci untuk bahagia.
#Mungkin40

It's more important to change the world than win an argument. - Justin Trudeau

10 Aug 2017
Kishore Mahbubani
Senior Advisor and Professor in the Practice of Policy, National University of Singapore
Klaus Schwab
Founder and Executive Chairman, World Economic Forum Geneva
THESE ARE THE THINGS THAT MAKE A GREAT LEADER

For Klaus, the five key elements were...
a. Heart,
b. Brain,
c. Muscle (kekuatan),
d. Nerve (keberanian), and
e. Soul.

For Kishore, compassion (belas kasih), canniness (sopan santun), and courage (keteguhan hati) were key, as was the ability to identify talent and understand complexity.

Canadian Prime Minister Justin Trudeau, the young leader who most radiates hope today, was elected partly because of his commitment to helping ordinary people.

The smart use of new technology is also helping to alleviate (meringankan) poverty.

Hingga saat ini Vatikan belum berkomentar tentang pernyataan Paus Francis tentang homoseksualitas seperti yang diungkap Cruz.

-----

Dengan batasan-batasan pengertian di atas maka istilah peradaban sering dipakai untuk hasil-hasil kebudayaan seperti: kesenian, ilmu pengetahuan dan teknologi, adat sopan santun serta pergaulan. Selain itu juga kepandaian menulis, organisasi bernegara serta masyarakat kota yang maju dan kompleks.

Namun, alih-alih mendapat dukungan, sebanyak 14 menteri Kabinet Pembangunan VII yang kembali masuk dalam Kabinet Reformasi tiba-tiba saja mengundurkan diri pada 20 Mei 1998 pukul 20.00.

Tak lama setelah surat itu sampai ke Soeharto, pria yang dijuluki "The Smiling General" ini pun menyatakan niatnya untuk mundur. Yusril kemudian yang menyusun naskah pidato pengunduran diri sang penguasa selama 32 tahun itu.

Oleh karena itu dengan memperhatikan ketentuan Pasal 8 UUD 1945, dan setelah dengan sungguh-sungguh memperhatikan pandangan pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat dan pimpinan fraksi-fraksi yang ada di dalamnya, saya memutuskan untuk menyatakan berhenti dari jabatan saya sebagai Presiden Republik Indonesia, terhitung sejak saya bacakan pernyataan ini pada hari ini, kamis 21 Mei 1998.

Pidato hanya berlangsung selama 10 menit. Tak ada sesi tanya jawab yang dilakukan. Soeharto menandatangni naskah usai BJ Habibie diangkat sumpah oleh Mahkamah Agung. Dia lalu menyalami anak emasnya yang kini jadi penguasa itu.

Inilah akhir perjalanan panjang Soeharto yang resmi lengser keprabon (turun tahta), tepat 18 tahun silam.

Konsep dari "peradaban" digunakan sebagai sinonim untuk "budaya (dan sering moral).

8.45 PM · 22 Mei 2018
Keyword utama dari “Majunya Peradaban Manusia Indonesia” sebagai sasaran utama #20TahunReformasi adalah MORAL. 1998 saya menulis ini dengan kalimat… INSTROPEKSI DIRI ADALAH BENTUK DARI REFORMASI (kurang-lebih). @ICMIPusat @kemenkopmk

Saya rasa ini berhubungan dengan pengalaman pribadi ketika itu. Mulai dari teror SNIPER, demo yang membuat hati saya justru MIRIS, bahkan PENJARAHAN. Yang unik, jarang ada yang paham betul apa itu REFORMASI, sebuah kata yang saya pelajari ketika SMA. @wikipedia
Screenshot via komik @CNNIndonesia.

@idwiki mendefinisikan Moral sebagai produk dari Budaya dan Agama. Setiap budaya memiliki standar moral yang berbeda-beda sesuai dengan sistem nilai yang berlaku dan telah terbangun sejak lama.
CATATAN: Sama-sama belajar kita.

Buat saya pribadi, tokoh politik yang benar-benar politikus adalah ini. Bagaimana bisa dia membalikkan nama baik GOLKAR pasca Pak Harto mundur? Inilah POLITIKUS SEJATI di zamannya…
CATATAN: Ini contoh tentang tokoh, lho. Bukan pro ini-itu.

-----