Kamis, 10 Mei 2018

Adaptasi di Era Disrupsi


©John Atkinson

Game types
Cooperative Game
Non-Cooperative Game


Contoh paling sederhana dari zero sum game adalah perjudian. Pada awal perjudian, seluruh peserta menyetor sejumlah uang taruhan. Pada akhir perjudian uang tersebut dibagikan ke peserta yang menang. Sedangkan peserta yang kalah tidak mendapatkan apapun. Jumlah uang dan manfaat yang dimiliki oleh seluruh peserta pada awal dan akhir permainan adalah nol, oleh karena itu perjudian merupakan zero sum game.

Mudah untuk menghitung bahwa skema piramida paling tidak adalah sebuah zero sum game: jumlah dari uang yang dikeluarkan oleh seluruh peserta akan sama dengan jumlah dari uang yang didapatkan oleh seluruh peserta. Skema piramida adalah negative sum game jika memperhitungkan biaya overhead seperti waktu dan usaha yang dibutuhkan untuk menyampaikan pesan berantai ke orang-orang atau gangguan yang dirasakan oleh orang lain.

Walaupun demikian perlu diingat bahwa saham adalah bukti kepemilikan sebagian perusahaan. Jika dilihat dalam jangka panjang, setiap tahun perusahaan akan membagi-bagikan keuntungan kepada para pemilik saham. Karena itu bursa saham secara keseluruhan merupakan positive sum game. Perusahaan mendapat modal dan penanam saham mendapatkan keuntungan setiap tahunnya.

When they say you can’t, they say you their limits, pets yours.

3.06 PM · 9 Mei 2018
Taste like @UCLA. LOL.

EdanE - Kau Maniz Kau Ibliz

11.38 AM · 10 Mei 2018
When I study again about #AmericanGangster, I find about #DisruptiveInnovationMovies. The most important scene from this topic is… When BUMPY JOHNSON died after giving FRANK LUCAS an advice about NEW WORLD’S RULES. That’s why I interest with this film from business’s obstacle. @MovieNumbers

11.50 AM · 10 Mei 2018

#DisruptiveInnovation is serious topic in real world. You can’t imagine this process without #DisruptiveInnovationMovies. I learn this from Prof @Rhenald_Kasali, and @Mari_Pangestu in @wef this year. The big problem from this issue is unemployment. @aseanstrategic

Perusahaan yang masih mempertahankan model bisnis kuno, cepat atau lambat dipastikan akan terkena DISRUPSI. Prof @Rhenald_Kasali
http://www.industry.co.id/amp/read/21006/rhenald-kasali-disrupsi-inovasi-industri-ini-babak-belur-dalam-5-10-tahun

Mungkin 1999-2000 seseorang mengenalkan @Forbes ke saya melalui sebuah buku. Kemudian tren Forbes Billionaire mulai muncul di banyak suratkhabar, @BillGates salah satu bintang-nya. Ini pangkal dari pemikiran tentang disrupsi (kacamata awam lho, ya). Dan seperti kata Prof di atas, 2011 kejadian beneran.

Di @wef kami menyimpulkan ini dengan hashtag #4iR, tidak tanggung-tanggung, #wef menjadi pusat-nya problemsolver revolusi industri ini. Salah satu masalahnya adalah #DisruptiveInnovation tadi, sedang di sisi lain ada topik #FutureOfJobs.

Kesimpulan, agar tdk ter-disrupsi, salah satunya butuh pengenalan #FutureOfJobs tadi. Lebih spesifik lagi ttg skills, seperti #ComplexProblemSolving dsb. Memang butuh utk melihat dari sudut pandang Millenial termasuk bahasa-nya. Kalau perlu pakai bahasa #StrategiAntiDisrupsiZamanNow atau #GerakanAntiDisrupsiZamanNow (contoh).

Yang menarik dari isu #disrupsi ini adalah #KantorPos (contoh). Walaupun sekarang sudah zaman online, toh mereka tetap hidup dan eksis. Bagaimana @PosIndonesia bisa bertahan di era disrupsi seperti sekarang? Itu yang perlu dipelajari.
@wef

Sebut saja ini sebagai ADAPTASI DI ERA DISRUPSI. Atau #AdaptasiDiEraDisrupsi.

Masih baru dari Prof @Rhenald_Kasali tanggal 30 April 2018. @kompascom
CATATAN: Saya tak akan bisa menyentuh @wef bahkan @movienumbers jika masih di Jakarta seperti dulu. Prof benar untuk yang satu ini.
https://ekonomi.kompas.com/read/2018/04/30/060000426/efek-disrupsi-mungkinkah-kembali-ke-desa

KESIMPULAN… Inilah yang saya sebut sebagai RULES OF THE GAME dari page http://justluten.blogspot.co.id/2018/05/standards-of-behaviour-in-business.html

----

Rabu, 3 Januari 2018 - 03:21 WIB
TAHUN DISRUPSI

Pertama  adalah jangan nyaman menjadi ”pemenang”.

Kedua adalah jangan takut menganibalisasi produk sendiri.

Ketiga  adalah membentuk ulang atau menciptakan yang baru.

-----

22 Mar 2018
Callie Stinson
Project Lead, Water Initiative, World Economic Forum
https://mobile.twitter.com/wef/status/994457024229511173
5 WAYS THE FOURTH INDUSTRIAL REVOLUTION COULD END WATER INSECURITY

Blockchain technology could also support peer-to-peer trading of water rights in a given basin, empowering water users who have enough or are willing to share their excess resources with others in the area to do so 24/7 without relying on a centralized authority.

By 2050, 7.3 billion people – or nearly 70% of the world’s population – will reside in cities.

3.11 PM · 9 Mei 2018
Introducing the 2018 class of Young Global Leaders, including @priyankachopra, @FaisalJAbbas and @nico_rosberg. Welcome to you all…

1.22 PM · 10 Mei 2018
Make It Real by Your Eyes
@gatesfoundation

KESIMPULAN… Masalah yang dihadapi di tahun ini adalah DISRUPSI, dan cara memecahkannya ialah dengan ADAPTASI. Saya rasa clear ini.

-----