Senin, 02 April 2018

Shock Resistant


Gelora Sriwijaya Stadium

https://en.wikipedia.org/wiki/The_Shock_Doctrine
Part 4 reports on how Klein thinks the SHOCK DOCTRINE was applied in Poland, Russia, South Africa and to the tiger economies during the 1997 Asian financial crisis.

https://id.toptipfinance.com/shock-therapy
Sachs tidak menyukai istilah "shock therapy", yang menurutnya diciptakan oleh media dan MEMBUAT PROSES REFORMASI TERDENGAR LEBIH MENYAKITKAN DARIPADA SEBENARNYA.

https://www.jpnn.com/news/tolak-panglima-tni-as-mau-beri-shock-therapy-ke-jokowi
Menurutnya, bisa jadi pemerintah AS sedang melakukan shock therapy terhadap pemerintah Indonesia, karena selama era pemerintahan Presiden Joko Widodo terkesan condong ke Tiongkok daripada ke negeri yang kini dipimpin Donald Trump itu.


Naomi Klein berhasil membuktikan keterkaitan yang tak terbantahkan antara LAISSEZ-FAIRE ECONOMICS dengan krisis-krisis politik, ekonomi, dan terror yang terjadi dalam periode empat dekade terakhir.

Para penganut laissez faire percaya bahwa bilamana perekonomian dibiarkan bebas secara alamiah dan individu warga negara diberi kesempatan seluasnya untuk berusaha mencari profit, maka terciptalah ‘INVISIBLE HAND’ yang akan menjaga harmoni pasar. 

The Shock Doctrine Naomi Klein mengungkap siapa sesungguhnya sosok paling berpengaruh di dunia selama paruh abad kedua puluh, yang pengaruhnya melebihi presiden United States mana pun di masa itu. Dia adalah MILTON FRIEDMAN.

Naomi Klein dalam The Shock Doctrine juga memaparkan jejak sepak terjang Chicago Boys dalam setiap ’state of crisis’ di berbagai belahan dunia selama dekade terakhir. BETAPA SISTEMATIS CARA MEREKA DAN BETAPA MENGERIKAN DAMPAKNYA.

Satu fakta sejarah penting Indonesia yang diungkap oleh Naomi Klein dalam Shock Doctrine, adalah kaitan erat antara gerakan counterrevolution free-market fundamentalis Chicago Boys dengan Soeharto,CIA, dan Mafia Berkeley di tahun 1965-1966.

BAGI JURNALIS, buku ini wajib dibaca sebagai teladan karya jurnalistik investigatif papan atas. BAGI EKONOM, buku ini penting dibaca sebagai cerminan kebijakan ekonomi yang tidak berpihak pada kemanusiaan.


Klein mulai dikenal ketika buku “No Logo” terbit tahun 2000 dengan menyentil korporasi global serta perilaku konsumen yang “MAKAN MERK”. 

Salah satu shock yang sempat kita alami di Indonesia tentu krisis ekonomi dan moneter sejak tahun 1997 dimana hasilnya adalah persis seperti apa yang ditulis Klein:
1. Privatisasi badan usaha milik negara,
2. Munculnya rezim perdagangan bebas,
3. Serbuan investor asing, dan
4. Berkurangnya subsidi-subsidi negara ke rakyat.

Yang perlu kita pelajari adalah apa yang selalu disampaikan Klein bahwa kita memerlukan suatu daya yang bernama “SHOCK RESISTANT”, kemampuan untuk bertahan sekaligus melawan guncangan-guncangan kapitalisme tersebut. 

Premis yang diajukan Klein meyakini, bahwa semakin orang mengerti, dan ketika pemahaman ini sudah diterima luas dalam komunitas, maka semakin sulit kapitalisme bisa mengguncang masyarakat, dan SEMAKIN SULIT MASYARAKAT DIBUAT LINGLUNG OLEH THERAPY SHOCK APAPUN.

Shock Therapy (2009) Trailer
https://youtu.be/OPqBVSiBdxE
We've been sold fairytales.

-----

Bono said of this track: "I think it nails a certain mood, where you actually don't want to know the truth because lies are more comforting."
http://www.songfacts.com/detail.php?id=951

7.14 PM · 2 Apr 2018
https://mobile.twitter.com/justluten/status/980780503312695296
#PadukaKukuSakti, berarti Logan dong?

10.55 AM · 2 Apr 2018
INFOGRAFIS: Antisipasi Ditipu Lewat Telepon.
https://mobile.twitter.com/justluten/status/980654835421687813

12.06 AM · 2 Apr 2018
https://mobile.twitter.com/justluten/status/980491481528979456
Aku ingin mencintaimu dengan sederhana, dengan kata yang tak sempat...