Minggu, 02 Desember 2018

#TheArtOfFilmMarketing : Kesimpulan



9.35 PM · 18 Nov 2015
Baru ikut seminar tema movie marketing nasional & research effective film marketing #theartoffilmmarketing

Banyak inovasi dari para speakers salah 1 gmn cara nya memasarkan sbuah film yg notabene skrg susah cari penonton #theartoffilmmarketing

Dari pihak exhibisior sendiri sebenernya sudah memetakan target market utk film yg akan tayang sesuai sehmentasinya #theartoffilmmarketing

Seleksi film yg akan tayang pun skrg di perketat, pihak XXI sudah punya tim programming utk memetakan target tsbt #theartoffilmmarketing

Bahkan pihak XXI sudah membentuk tim seleksi utk mengkurator sebuah film layak tayang atau tidak #theartoffilmmarketing

Promo dari pihak XXI juga mengikuti rule yg sudah diterapkan, dan semua film yg akan tayang di perlakukan sama #theartoffilmmarketing

Yang masih mengganjal di benak sy pribadi seperti apakah standarisasi sebuah film itu layak tayang / tidak #theartoffilmmarketing
Apakah secara cerita ataupun teknis, kalau secara cerita kemungkinan besar akan susah karena itu hal yg subyektif #theartoffilmmarketing
Kalau yg di nilai hanya teknis misal gambar art atau yg lain, dipastikan film kita akan semakin susah berkembang #theartoffilmmarketing
Karena sejatinya film adalah cerita, harusnya ada campur tangan pemerintah dan asosiasi dalam hal ini #theartoffilmmarketing
Menurut saya, sesuai dengan 3 hal yang menjadi aspek hukum di Indonesia, itu dulu. Baru kemudian bicara tentang “content”, apakah mau mengarah ke “kontroversi”, “hoax”, “baper”, dsb.

Kembali ke marketing, produser film ketika memayangkan film nya sdh sewajarnya mengalokasi budget utk promo #theartoffilmmarketing
Namun lagi2 sebesar apapun budget promo, tdk akan berpengaruh thdp jmlh penonton kalau distribusi nggak bener #theartoffilmmarketing
Ini kembali harus ada campur tangan dari pemerintah dlm mengatur regulasi yg bisa memihak film Indonesia #theartoffilmmarketing
Kalau utk research film, tahun 70 80 an kecenderungan penonton film lokal vs hollywood adalah 40:60 #theartoffilmmarketing
skrg presentasi itu kian tajam hingga 10:90 thdp film hollywood, ini cukup memprihatinkan bagi pelaku industri ini #theartoffilmmarketing
Sudah semestinya kita duduk bareng, pihak bioskop,asosisi, filmaker dan barekraf utk mencari solusi yg bwrkelanjutan #theartoffilmmarketing
Harusnya Indonesia bisa mencontoh Korea kalau pengin film kita sendiri di apresisasi dan berjaya di negeri sendiri #theartoffilmmarketing

Hubungan antara game, branding dan marketing product.

This movie like (Mission: Impossible 2) strategy. | TAYANG SERENTAK
@WonderWomanFilm
#MyChoiceTrailer
#TheArtOfFilmMarketing

People don’t just watch The Rocky Horror Picture Show—THEY LIVE IT, complete with costumes, props,...
#SiapSableng

#First10MinutesOfTheMovie

@Avengers #InfinityWar

The Meg | Sisa SUMMER

#FoxtrotSix

Force Expectation

Promosi

Puzzle (2018) and Sponsor

#IndustriHilirPerfilmanIndonesia

#AspekHukumFilmIndonesia

Suzanna : Bernafas Dalam Kubur

#InstituteForHumanContinuity
#TheArtOfFilmMarketing
The "Institute for Human Continuity" is a #ViralMarketing gimmick devised by Sony Pictures to promote their movie "2012" which is due out in November 2009.

-----

FILMMAKING (or, in an academic context, film production) is the process of making a film, generally in the sense of films intended for extensive theatrical exhibition. | FILMMAKER refers to a person involved in filmmaking.

FILM DISTRIBUTION is the process of making a movie available for viewing by an audience. | FILM DISTRIBUTOR

FILM PROMOTION is the practice of promotion specifically in the film industry, and usually occurs in coordination with the process of film distribution. | PRESS JUNKET or FILM JUNKET

FILM EXHIBITORS
A category for owners and operators of cinemas and movie theatre chains. | GPBSI

AUDIENCE
Saya dulu menyebutnya #PoFin, Penonton Film Indonesia

FILM COMMISSION | Bisa jadi BPI di sini, karena nggak mungkin BEKRAF. Atau mustinya KFI (KOMISI FILM INDONESIA)?

CATATAN: Kira-kira mapping mind-nya gimana ini, ya? Yang jelas, “Sang Raja” adalah Penonton. Mau kelas penonton festival; penonton box office; penonton kebetulan; dsb, selama mereka bayar, ya mereka adalah Raja.

-----