Jumat, 24 Februari 2017

Comandante





World Development Indicators
https://en.m.wikipedia.org/wiki/World_Development_Indicators

Kebahagiaan Nasional versus Produk Domestik Bruto - KOMPASIANA.COM

https://www.google.co.id/amp/www.kompasiana.com/amp/jenderalluten/kebahagiaan-nasional-versus-produk-domestik-bruto_552c5a916ea834da728b456f

Paling tidak, dia mengedepankan apa yang kita kenal dengan MEMANUSIAKAN MANUSIA.

Ide Besar dari Negara Kecil yang Dapat Mengubah Dunia - KOMPASIANA.COM

https://www.google.co.id/amp/www.kompasiana.com/amp/delianasetia/ide-besar-dari-negara-kecil-yang-dapat-mengubah-dunia_54f78539a333111a738b4614

Teorinya terkenal dengan MODEL BHUTAN.

by Deliana Setia
24 April 2014

World Bank di Twitter: "Our new report outlines actions to leverage #Islamicfinance for #development

https://mobile.twitter.com/WorldBank/status/834599948398297088

https://en.m.wikipedia.org/wiki/Cuba

The Cuban state claims to adhere to SOCIALIST PRINCIPLES in organizing its largely state-controlled planned economy.

Any firm wishing to hire a Cuban MUST PAY the Cuban government, which in turn will pay the employee in Cuban pesos. The average monthly wage as of July 2013 is 466 Cuban pesos, which are worth about US$19.

Before Fidel Castro's 1959 revolution, Cuba was one of the most advanced and successful countries in Latin America.

CATATAN... Ini dari sudut pandang wikipedia, kita nggak tahu kenyataan di Cuba itu bagaimana. Bukan berarti saya pendukung Castro, lho. Hanya saja kalimat ini berkesan bahwa Fidel Castro yang jadi penyebab Cuba jadi mandek secara ekonomi. Tapi dari sini bisa disimpulkan bahwa, Cuba adalah negara yang gagal dalam hal menerapkan prinsip sosialis. Mungkin ini terjadi lantaran ada kesenjangan yang begitu tinggi antara penguasa dengan yang dikuasai. Bisa jadi juga kesalahan terletak pada sistem, soalnya tipe BERKUASA itu nggak cocok dengan negara berbentuk republik. Tapi lebih ke negara dengan sistem kerajaan.
#NgawurSedikit

Cuba also ranked 11th in the world in the NUMBER OF DOCTORS PER CAPITA. Several private clinics and hospitals provided services for the poor.

In 2009, the Cuban Government estimated they lost $685 million annually from the US EMBARGO.

According to the Heritage Foundation, Cuba is dependent on credit accounts that rotate from country to country.

CATATAN: Ini kalau dalam bahasa Bang Haji Rhoma Irama, sama dengan GALI LOBANG TUTUP LOBANG.

Cuban music is very rich and is the most commonly known expression of Cuban culture. (Paling tidak, untuk urusan MUSIK Cuba lebih baik daripada kita. Maksudnya, mereka lebih go internasional).

KESIMPULAN
Cuba itu bisa dibilang EKSENTRIK. Walaupun dari sudut pandang ekonomi nggak ada bagus-bagusnya, namun tokoh semacam Fidel Castro itu menarik perhatian dunia. Jika membandingkan Castro dan Sukarno, tentu jauh. Bukan tidak bangga dengan Sukarno, namun kelihatannya Castro lebih "liar" dibanding founding father kita ini. Ini yang memikat orang-orang Amerika. Dengan catatan, nggak semua orang Amerika suka sama pemerintahnya, lho.

https://en.m.wikipedia.org/wiki/Rationing_in_Cuba

Rationing in Cuba refers to the system of food distribution known in Cuba as the LIBRETA DE ABASTECIMIENTO ("Supplies booklet").

https://en.m.wikipedia.org/wiki/Comandante_(film)

Comandante is a political documentary film by American director Oliver Stone.

Ini adalah contoh, mengapa Castro memikat filmmaker. Bayangkan, yang bikin OLIVER STONE.

COMANDANTE - Trailer
https://youtu.be/roo8Xm-I6eI

https://en.m.wikipedia.org/wiki/Fidel_Castro

https://en.m.wikipedia.org/wiki/Fidel_(2002_film)

Fidel is a 2002 mini-series by David Attwood that describes the Cuban revolution and political career of Fidel Castro (played by VĂ­ctor Huggo Martin).

Looking for Fidel
https://en.m.wikipedia.org/wiki/Looking_for_Fidel

Looking for Fidel Trailer
https://youtu.be/fTObNESnogQ

Films portraying Fidel Castro - The Hindu
https://www.google.co.id/amp/www.thehindu.com/entertainment/movies/Fidel-on-film/article16715569.ece/amp/

KESIMPULAN
Sebenarnya agak lucu jika mengaitkan hal ini dengan apa yang disebut dengan NEUROSCIENCE, bahkan beberapa akan menilai ini dengan istilah KEBETULAN. Tapi whatever-lah, toh yang namanya "hantu" disimpulkan dengan "percaya dan nggak percaya", kok. Dimulai dari "joke" dengan teman kuliah yang sempat tinggal di Jerman, lantas muncullah istilah FIDEL CASTRO'S STYLE. Ujung dari joke ini muncul pada keyword JENDERAL HACKER REPUBLIK INDONESIA. Tapi setelah menelusuri file tentang Castro malam ini, saya jadi meyakini apa yang disebut dengan neuroscience. Ini terkait dengan kerja alam bawah sadar dan output berupa karya. Jadi mengingat, bagaimana momen saat kami memutuskan pakai judul KOMANDANKU, padahal waktu itu kami sama sekali tak terpikir tentang film dari Oliver Stone. Ini tercetus begitu saja, dan kalau percaya dengan neuroscience dan fungsi memori pada otak, maka ini bisa dikategorikan sebagai ADA KORELASI. Di sisi lain saya menemukan hal unik yang disebut dengan PENAMPILAN, dimana Castro itu BRENGOSAN dan berkesan berantakan. Terlepas dari penampilan yang tidak rapi tersebut, Castro adalah pemimpin yang disegani. Saya pernah dikritik perihal penampilan ini, dimana Sukarno yang necis menjadi STANDAR GAGAH. Agak ironi, sebab Sukarno nggak memikat filmmaker kelas Hollywood. Sedang Castro berkesan GAHAR dan itu yang dibutuhkan oleh rakyat Cuba. Bayangkan jika Castro nggak brengosan, mungkin secara penampilan nggak EKSENTRIK dan tak memikat perhatian dunia.

SEKALI LAGI, ini bukan berarti saya sosialis, ini lebih kepada teori point of interest sembari saya belajar tentang keunikan dari setiap negara. Pilihan malam ini ke Cuba, sebab mereka berani menentang World Development Indicators. Back to basic searching aja.