Selasa, 31 Januari 2017

@wef Reader for #Asean2017



https://en.m.wikipedia.org/wiki/Association_of_Southeast_Asian_Nations

ASEAN was preceded by an organization formed in 1961 called the Association of Southeast Asia (ASA), a group consisting of the Philippines, Malaysia, and Thailand. ASEAN itself was created on 8 August 1967, when the foreign ministers of five countries: Indonesia, Malaysia, the Philippines, Singapore, and Thailand, signed the ASEAN Declaration, more commonly known as the Bangkok Declaration.

Preferential trading area - Wikipedia
https://en.m.wikipedia.org/wiki/Preferential_trading_area
PERJANJIAN ISTIMEWA (PTA)

1977 Agreement on ASEAN Preferential Trading Arrangements (APTA) signed on 24 February 1977 in Manila, the Philippines by the Foreign Ministers | Centre for International Law
https://cil.nus.edu.sg/1977/1977-agreement-on-asean-preferential-trading-arrangements-signed-on-24-february-1977-in-manila-the-philippines-by-the-foreign-ministers/

https://en.m.wikipedia.org/wiki/ASEAN_Free_Trade_Area
The AFTA agreement was signed on 28 January 1992 in Singapore.

http://m.kompasiana.com/www.rolastampubolon.wordpress.com/manfaatkan-atiga-sebelum-afta-2015_54f84f35a33311f07d8b4577
ATIGA merupakan kepanjangan ASEAN TRADE IN GOODS AGREEMENT yang ditanda tangani oleh 10 menteri perdagangan dari negara-negara anggota ASEAN pada tanggal 26 Februari 2009. Untuk Indonesia sendiri yang mewakili adalah Mari Elka Pangestu yang saat itu menjabat sebagai Menteri Perdagangan.
Selengkapnya : http://m.kompasiana.com/www.rolastampubolon.wordpress.com/manfaatkan-atiga-sebelum-afta-2015_54f84f35a33311f07d8b4577

https://www.weforum.org/agenda/2016/05/asean-economic-community-what-you-need-to-know/
Established in late 2015 by the Association of Southeast Asian Nations (itself founded in 1967), the AEC has been seen as a way to promote economic, political, social and cultural cooperation across the region.

KETENTUAN ASAL BARANG / Rules of Origin (RoO)
https://en.m.wikipedia.org/wiki/Rules_of_origin
Rules of origin are used to determine the country of origin of a product for purposes of international trade.

SOUTHEAST ASIAN STUDIES - Wikipedia
https://en.m.wikipedia.org/wiki/Southeast_Asian_studies
Southeast Asian studies (SEAS) refers to research and education on thelanguage, culture, and history of the different states and ethnic groups of Southeast Asia.

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Harmonized_Commodity_Description_and_Coding_System
Harmonized Commodity Description and Coding System lebih dikenal sebagai HARMONIZED SYSTEM (HS) adalah standar internasional atas sistem penamaan dan penomoran yang digunakan untuk pengklasifikasi produk perdagangan dan turunannya yang dikelola oleh World Customs Organization (WCO) beranggotakan lebih dari 170 negara anggota dan berkantor di Brussels, Belgia.

Untuk daerah Asean, dikenal dengan subpos AHTN, yaitu digit ke-7 dan 8, sedangkan untuk kebijakan atas penambahan nomenklatur barang masing-masing negara ada pada digit ke-9 dan 10.

KESIMPULAN:
Untuk #Asean2017 goal utamanya adalah HARMONIZED SYSTEM (HS). Terus-terang saya pun baru mendengar istilah ini, padahal sistem ini konon berlaku global. Sudut pandang pihak lain terhadap Asean cenderung, kita dianggap "ketat". Ada semacam tumpang tindih "agreement" yang bukan saja membuat negara lain kebingungan, tapi kita sendiri pun jadi ikutan repot. Padahal isu global dari Masyarakat Ekonomi Asean adalah, ASEAN JIKA BERSATU BISA MENJADI KEKUATAN EKONOMI DUNIA. Artinya, Asean itu diperhitungkan. Hal menarik yang bisa diangkat adalah, apakah Asean akan belajar dari Uni Eropa sebagai satu kesatuan? Gampangnya, jika arahnya akan ke situ berarti beberapa tahun mendatang generasi muda kita akan bicara bukan saja atas nama Indonesia, tapi atas nama Asean di forum Internasional.