Senin, 30 Januari 2017

Buyut Polehan & Yangyut Pejuang




DURASI:
12 Menit (Buyut Polehan)
17 Menit (Yangyut Pejuang)
29 Menit (TOTAL)

KATEGORI:
Dokumentasi Keluarga

FILMMAKING BY:
Gagah Singosari
Heru Polehan
Suparman
Wurry Parluten

PENGAMBILAN GAMBAR:
2012

EDITING:
2017

Footage ini ada di harddisk saya, sayangnya, setelah sekian lama belum juga diotak-atik selain untuk urusan kirim dalam bentuk DVD ke keluarga. Semenjak diajarkan oleh Uyi (anak saya) tentang VIVAVIDEO dan youtube, saya pun mulai mengotak-atik dokumentasi ini. Alasannya sederhana, untuk mengingat kembali latar belakang keluarga. Di luar dugaan, saya menemukan hal unik seperti yang ada di kumpulan video yang berjudul IWAK PEYEK DARI SONOAGENG. Terus-terang saya nggak menyangka hasilnya akan seperti itu.

http://justluten.blogspot.co.id/2017/01/iwak-peyek-dari-sonoageng.html

Pada kisah BUYUT POLEHAN & YANGYUT PEJUANG ini saya menemukan hal unik tentang apa itu latar belakang sejarah keluarga. Selain memang kami (saya dan istri) ada keturunan militer, kisah ini membuat saya teringat akan perdebatan beberapa tahun lalu tentang, apa yang benar-benar asli Indonesia?

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhXHEGFZkdPz0PpYXbksIbyGZdnYz7fgoLZdRQgJptGQF0cHlgGs4evylN02kUdR7H1a-BtsDK6qL_JK3cmWs_M887xshqnIweWXaUG0KTsUH-US-HdRaG6jlDIx5Ucc44D38uwDJoM2oo/s1600/Perhumas+Indonesia_Wurry+Parluten.JPG

Ini menjadi hal menarik setelah saya mencermati trailer film dari beberapa negara yang dikirimkan ke Oscar, sebab muncul salah satu pertanyaan seperti ini, apakah Islam itu asli dari Indonesia? Jangankan saya, orang luar negeri pun tahu bahwa bicara tentang Islam itu arahnya langsung ke timur tengah. Jadi (menurut saya) agak sulit bagi kita membawa tema tentang Islam ke luar negeri. Itu baru tema Islam, belum lagi tema-tema yang berkaitan dengan agama lain. Jadi kalau bicara sejarah masa lalu dan kenyataan sekarang, tak ada satu pun agama di Republik ini yang benar-benar asli Indonesia. Lalu muncul pertanyaan, apa yang benar-benar Indonesia?

Sejauh ini saya menemukan yang asli Indonesia itu adalah...

https://en.m.wikipedia.org/wiki/Latihan

https://en.m.wikipedia.org/wiki/Jukung

https://en.m.wikipedia.org/wiki/Kubu_people

Sampai dengan yang model begini, menurut saya termasuk yang unik dari Indonesia (maksudnya istilah MAFIA)...

https://en.m.wikipedia.org/wiki/Berkeley_Mafia

Dsb.

Jadi ada banyak hal menarik berkaitan dengan tema "Indonesia" sebenarnya. Dengan catatan, bukan saya sok nasionalis, tapi (mungkin) lantaran gelisah dengan identitas diri sebagai bagian dari sebuah bangsa. Tapi memang paling enak (biar aman), yang menjadi ciri khas Indonesia itu diwakili dengan satu kata, yaitu...

https://en.m.wikipedia.org/wiki/Pancasila_(politics)

Ini adalah identitas yang paling hakiki untuk sebuah nama "Indonesia". Ya, orang Indonesia itu baru muncul tahun 1945, kok. Sebelum itu kan nama wilayah kita macam-macam.

Tapi ini menurut saya, lho. Seperti kata "Yangyut Tido"... KALO ORA PERCOYO, YO SAK KAREPMU.