Senin, 27 Agustus 2018

My Quran: Do'a Masuk Kebun


#40Diaries

Kamis, 30 November 2017
TRUTH ITSELF
https://quran.com/2/147
The TRUTH is from your Lord, so never be among the doubters (meragu).

Kamis, 01 Maret 2018
Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatu pun, dan Dia memberimu pendengaran, penglihatan, dan hati nurani, agar kamu bersyukur. QS 16 : 78

And [it is] a Qur'an which We have separated [by intervals] that you might recite it to the people over a prolonged period. And We have sent it down progressively.


TAFSIR JALALAIN (JALAL AD-DIN AL-MAHALLI DAN JALAL AD-DIN AS-SUYUTI)
17:106| (Dan Alquran itu) lafal Alquran ini dinashabkan oleh fi`il yang dijelaskan oleh firman selanjutnya (telah Kami turunkan secara berangsur-angsur) Kami turunkan secara bertahap selama dua puluh tahun atau dua puluh tiga tahun (agar kamu membacakannya perlahan-lahan kepada manusia) secara perlahan-lahan dan tenang supaya mereka dapat memahaminya (dan Kami menurunkannya bagian demi bagian) sedikit demi sedikit sesuai dengan kemaslahatan.

[Mention] when the youths retreated to the cave and said, "Our Lord, grant us from Yourself mercy and prepare for us from our affair right guidance."

So We cast [a cover of sleep] over their ears within the cave for a number of years.

Then We awakened them that We might show which of the two factions was most precise in calculating what [extent] they had remained in time.

CATATAN: Ini adalah konsep berserah diri sebenarnya, tatkala kita berada di dalam gua sehingga tak ada informasi waktu dari luar.

And why did you, when you entered your garden, not say, 'What Allah willed [has occurred]; there is no power except in Allah '? Although you see me less than you in wealth and children,



MUHAMMAD QURAISH SHIHAB
18:39| Seandainya saat memasuki kebun dan memperhatikan tanaman yang ada di dalamnya itu kamu mengatakan, ‘Masya Allah! Aku tidak mempunyai kekuasaan untuk mewujudkan semua itu kecuali dengan pertolongan Allah,’ maka hal itu merupakan ungkapan rasa syukur yang dapat menjamin keabadian nikmat- nikmat itu.” Orang yang beriman itu melanjutkan, “Kalaupun kamu melihat diriku lebih miskin dan lebih sedikit anak dan pengikutnya,

DO’A MASUK KEBUN… Ma Shaa Allahu La Quwwata Illa Biallahi.
NOTE: Mangko “getah” naek.

Wealth and children are [but] adornment of the worldly life. But the enduring good deeds are better to your Lord for reward and better for [one's] hope.

Harta dan anak-anak adalah perhiasan kehidupan dunia tetapi amal kebajikan yang terus-menerus adalah lebih baik pahalanya di sisi Tuhanmu serta lebih baik untuk menjadi harapan.

TAFSIR AL-JALALAIN
(Harta dan anak-anak adalah perhiasan kehidupan dunia) keduanya dapat dijadikan sebagai perhiasan di dalam kehidupan dunia (tetapi amalan-amalan yang kekal lagi saleh) yaitu mengucapkan kalimat: Subhaanallaah Wal Hamdulillaah Wa Laa Ilaaha Illallaah Wallaahu Akbar; menurut sebagian ulama ditambahkan Walaa Haulaa Walaa Quwwata Illaa Billaahi (adalah lebih baik pahalanya di sisi Rabbmu serta lebih baik untuk menjadi harapan) hal yang diharap-harapkan dan menjadi dambaan manusia di sisi Allah swt.

tentang beberapa orang pemuda (The Seven Sleepers) yang tidur dalam gua bertahun-tahun lamanya.

Dalam surat ini terdapat titik tengah Al-Qur'an yang membelah isi Al-Qur'an menjadi dua bagian.

In Movie

In Christian and Islamic tradition, the SEVEN SLEEPERS OF EPHESUS or AṢḤĀB AL KAHF (Arabic) or PEOPLE OF THE CAVE is the story of a group of youths who hide inside a cave @wikipedia.


And how can you have PATIENCE for what you do not encompass in KNOWLEDGE?


Dan bagaimana kamu dapat SABAR atas sesuatu, yang kamu belum mempunyai PENGETAHUAN yang cukup tentang hal itu?

PENGETAHUAN tentang SABAR.
CATATAN: Enak ngomong-nya kira-kira begini, bahwa “sabar” itu ada sekolah-nya.


Those who possess #ṢABR to a certain extent are called #ṢĀBIRŪN @wikipedia.

QS 18:101
Tentang mereka yang hatinya tertutup.

-----